ASHURI SIAP MELAYANI TAMU ALLAH

29 April 2025 / Comments Off on ASHURI SIAP MELAYANI TAMU ALLAH

Tak Berkategori

Musim Ibadah haji sesaat lagi akan tiba, awal bulan Mei 2025 sudah diberangkatkan kloter pertama jama’ah haji Indonesia menuju tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. Persiapan penyelenggaraan ibadah haji telah dilaksanakan dengan baik dalam rangka ikhtiar memberikan kualitas pelayanan ibadah haji yang lebih baik untuk membantu jama’ah haji menjalankan ibadahnya dengan lancar, aman, nyaman, khusyu’ dan mencapai kemabruran. Terkait dengan hal tersebut, H. Nur Faidzin selaku Ketua Umum menyatakan bahwa Asosiasi Amanah Haji dan Umroh Republik Indonesia (ASHURI) sebagai wadah bernaungnya Penyelenggara Ibadah Haji Khusus, juga telah berupaya secara profesional mengikuti kebijakan-kebijakan dan aturan yang berlaku dari Kementerian Agama RI. Hal ini penting dan strategis demi terwujudnya penyelenggaraan ibadah haji yang baik dan benar, serta tercapainya kepuasan jama’ah haji dalam melaksanakan rangkaian ibadah rukun Islam yang kelima ini sehingga insya Allah memperoleh haji mabrur.

H. Nur Faidzin juga menegaskan ASHURI berkomitmen mewujudkan penyelenggaraan ibadah haji yang baik dan benar, meliputi aspek : Manasik Haji, Tertib Administrasi, Monitoring kesehatan, Pengaturan akomodasi dan transportasi serta keamanan. Semua aspek tersebut ditujukan demi meningkatkan kepuasan jama’ah haji dengan selalu menyediakan pelayanan yang memadai, berkualitas dan professional. Meningkatkan kualitas ibadah jama’ah haji dan meningkatkan keamanan, terutama saat di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Untuk itu, sejak oktober 2024 ASHURI telah membangun kemitraan dan kerjasama dengan syarikah besar, bonafid dan dikenal baik pada aspek kualitas fasilitas akomodasi, seperti tenda, tempat tidur, tempat makan dan lain-lain, juga dalam servisnya, yakni Mecca Constructions and Development Company (MCDC). ASHURI bersama MCDC sungguh-sungguh berupaya mengembangkan standard pelayanan yang semakin lebih baik dan berkualitas dari waktu ke waktu sesuai yang diharapkan oleh jama’ah haji dan Standard ini menjadi pedoman bagi seluruh PIHK anggota ASHURI agar kredibilitasnya semakin baik dan professional.

ASHURI juga berkomitmen dan telah berikhtiar melakukan komunikasi, kordinasi dan pembinaan yang intensif terhadap seluruh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang menjadi anggotanya melalui upaya-upaya :

  1. Pengawasan dan pengendalian untuk memastikan bahwa PIHK telah mematuhi standard dan regulasi yang berlaku
  2. Monitoring kualitas pelayanan yang dilaksanakan PIHK sehingga dapat dipastikan jama’ah haji memperoleh pelayanan ibadah haji yang baik dan benar
  3. Menangani dan menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi sehingga dapat memberikan peningkatan kepuasan jama’ah haji.

Ikhtiar-ikhtiar tersebut diatas akan terus dilakukan sampai penyelenggaraan ibadah haji tahun 1446 H/2025 M berakhir, bahkan sampai penyelenggaraan ibadah haji pada tahun-tahun selanjutnya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada seluruh pihak dan stakehorlders penyelenggara ibadah haji agar mampu dan bahagia melaksanakan tugas pelayanan mulia ini dengan baik dan professional.